Aglonema Merah Ternyata Bukan Spesies Tanaman Asli「bvweide registration」, Ini Penjelasan Peneliti LIPI

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:U.S.legalonlinecasinos

Bbvweide registratiobvweide registrationnaca jubvweide registrationga: 5 Manfaat Tanaman Hias bagi Manusia Menurut Sains

Aglaonema rotundum adalah spesies tumbuhan asli Indonesia dan hanya ditemukan di kawasan hutan Sumatera Utara. Aglonema ini adalah tumbuhan endemik Pulau Sumatera.

"Kalo kita bicara nama jenis, maka artinya adalah tumbuhan asli yang berasal dari alam dan tidak ada campur tangan manusia dalam warna yang ada, misalnya Aglaonema pictum dan lain sebagainya," papar Yuzammi.

Tanaman aglonema merah kini difavoritkan banyak orang. Aglonema dengan daun berwarna merah merona, tak hanya dipandang unik dan cantik, tetapi harga tanaman hias ini juga bisa sangat fantastis.

KOMPAS.com - Belakangan ini, aglonema merah atau aglonema dengan daun berwarna merah semakin digandrungi oleh para pecinta tanaman hias. Bahkan, harga aglonema dengan warna daun merah merona bisa sangat mahal.

Yuzammi menjelaskan bahwa hasil persilangan tanaman hias ini, biasanya diberi nama sesuai yang diinginkan oleh orang yang membudidayakannya.

Namun, Yuzammi mengungkapkan bahwa kebanyakan daun aglonema berwarna hijau atau campuran hijau dengan putih, atau cenderung warna abu dan bukan warna merah.

Hasil dari kawin silang spesies tanaman asli ini, kemudian akan didapatkan hibrida-hibrida tanaman hias aglonema yang membawa warna merah, aglonema corak merah, maupun aglonema merah dengan daun berwarna merah mencolok.

Misalnya, Aglaonema siam aurora, atau lebih populer dikenal sebagai aglonema lipstik siam aurora.

Baca juga: Harga Tanaman Porang Mahal, Pakar IPB Ingatkan Awas Cuma Euforia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Lebih lanjut Yuzammi mengatakan bahwa Aglaonema rotundum adalah satu-satunya aglonema berdaun merah yang ada di dunia.

"Nah, bagi para breeder (pembudidaya), maka dikawinkanlah Aglaonema rotundum ini dengan jenis-jenis Aglaonema yang lainnya," imbuhnya.

"Semua tanaman Aglaonema (aglonema) yang mempunyai warna merah yang saat ini ramai diperjualbelikan merupakan hasil hibridisasi atau hasil kawin silang," kata Peneliti Araceae Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dra. Yuzammi, M.Sc saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/8/2021).

"Perlu saya luruskan disini, bahwa pemberi warna merah pada Aglaonema (aglonema) hasil silangan berasal dari Aglaonema rotundum," kata Yuzammi.

Kendati menjadi primadona para pecinta tanaman hias, namun tahukah Anda jika ternyata aglonema merah bukan spesies tanaman asli?